Labels

Thursday, November 29, 2012

(Cerpen) Ibu Kau Segalanya Bagiku


Pada malam itu, Reno bertengkar hebat dengan ibunya.  Karena sangat marah, ia pun pergi meningggalkan rumah. Dia berjalan terus tanpa ia sadari kalau ternyata ia pergi tanpa membawa apa-apa.
Saat dijalan ia memcium aroma masakan di sebuah warung tenda kecil yang menyediakan berbagai menu masakan.tanpa pikir panjang ia pun menuju warung tersebut. Tak lama kemudian salah satu pemilik warung tersebut menghampiri Reno... lalu berkata "Anak muda,,ada yang bisa saya bantu... ?"
"iya, saya lapar... tetapi aku tidak membawa uang".. jawab Reno dengan malu"..
" ya sudah tidak apa" ,, ayo silahkan masuk.. di luar hujan.. aku buatin soto hangat gratis buat kamu".. jawab pemilik warung tersebut.

Tidak lama kenudian, pemilik warung mengantarkan semangkuk soto babat hangat sesuai tawarannya tadi.
Reno pun segera memakannya, beberapa menit kemdian ia tiba-tiba ingat sama ibunya.. 

air matanya pun jatuh berlinang.
"ada apa nak..? tanya pemilik warung yang masih duduk di depan Reno, menemani ia makan..
"tidak apa-apa pak, tiba-tiba saja aku ingat ibuku, saya terharu sama kebaikan Bapak.."
Orang yang baru aku kenal beberapa menit yang lalu saja sudah memberiku semangkuk soto hangat. Sedangkan ibuku.... 

ia baru saja mengusirku dari rumah " dan saya dilarang balik lagi kerumah "
Bapak , orang yang baru ku kenal, tetapi peduli dengan ku dibanding ibuku sendiri,"
Pemilik warung tenda tersebut menarik nafas panjang setelah mendengar perkataan Reno "
Anak muda, mengapa kau berfikir seperti itu,,,? renungkanlah hal ini, aku hanya memberimu semangkok soto dan kau begitu terharu. 

ibukmu telah memasakkan soto dan nasi untukmu sewaktu kamu kecil dulu, sampai saat ini,mengapa kau tidak berterimaksih dengannya?
dan kau malah bertengkar dngannya.."

Reno , mulai berfikir mendengar hal tersebut.
“mengapa aku tidak penah memikirkan hal itu..?? 

untuk semangkok soto hangat dari orang yang baru ku kenal ,aku sangat berterimakasih. Akan tetapi bertahun-tahun ibu memasakan aku sampai saat ini,, bahkan aku tak memperlihatkan kepeduliannku kepadanya dan hanya karena persolan sepele , aku bertengkar denganya."
Reno,segera menghabiskan soto nya, lalu ia bergegas diri untuk segera pulang kerumah.
Di sepanjang jalan menuju rumahnya,, ia memikirkan kata-kata apa yang harus diucapkan kepada ibunya nanti...?"
Begitu sampai depan pintu rumah, ia melihat ibunya dengan wajah cemas.
Ketika melihat Reno , kalimat pertama yang keluar dari mulutnya adalah "Reno kau sudah pulang?  Cepat masuk, diluar dingin ibu telah menyiapkan makan malam kesukaanmu dan makanlah dahulu sebelum kau tidur. Makanannya akan dingin jika kau tidak memakannya sekarang..
Pada saat itu Reno tidak bisa menahan air matanya, lantas ia menangis dipelukan ibunya.
Sekali waktu , kita mungkin akan sangat brtimakasih kepda orang lain disekitar kita,untuk suatu pertolongan kecil yang ia berikan ke kita.
Tetapi, kepda orang yang sangat dekat dari kita (keluarga ) khususnya orang tua kita , kita harus ingat bahwa kita berterimakasih kepada mereka seumur hidup kita.

No comments:

Post a Comment