Labels

Thursday, March 28, 2013

Abstrack "ANALISIS KATEGORIAL CAMPUR KODE PADA CERITA HUMOR DI INTERNET DALAM SITUS “Ketawa.com”."


Tugas Portofolio "III"
Deny Pranata


ANALISIS KATEGORIAL CAMPUR KODE PADA CERITA HUMOR DI INTERNET DALAM SITUS “Ketawa.com”


Abstrack
Secara sederhana, Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perwujudan struktural  dan faktor-faktor yang melatar belakangi terjadinya campur kode pada cerita humor dalam situs ketawa.com. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, karena berusaha mendeskripsikan bahasa campur kode yang digunakan pada cerita humor dalam situs ketawa.com sebagai sumber informasi, dan peneliti sebagai alat utama dalam penelitian (Sutopo, 2002: 33).
Metode putaka kita ketahui bahwa metode yang mempergunakan sumber tertulis, yang digunakan untuk mencerminkan pemakaian bahasa secara sinkrons (Subroto, 1992: 15). Sampel yang ditentukan adalah cerita humor dalam situs ketawa.com. Data yang diperoleh terdiri atas 27 buah cerita humor. Sumber data yang digunakan adalah cerita humor dalam situs ketawa.com .
Hasil analisis campur kode pada cerita humor dalam situs ketawa.com menunjukan bahwa terdapat 14 wujud campur kode yang berupa kata, yakni 7 campur kode kata benda, 2 campur kode kata kerja, 4 campur kode kata sifat. Terdapat 9 wujud campur kode yang berupa frasa, yakni 8 campur kode frasa benda dan 1 campur kode frasa kerja. Terdapat  6 wujud campur kode yang berupa klausa nomina, 1 wujud campur kode yang berupa adjektifa. Pengunaan campur kode dalam cerita humor di situs ketawa.com ini dilatar belakangi oleh daerah serta pergaulan si penulis cerita humor. Penggunaan kata-kata dalam situs ketawa.com ini dimaksudkan agar si pembaca dapat mengerti apa yang disampaikan oleh penulis.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa cerita humor dalam situs ketawa.com banyak menggunakan ragam informal yang menggunakan campur kode dari bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Hal ini tidak terlepas dari faktor sosiokultural dan situasional yang terwujud dalam bentuk campur kode, sehingga cerita humor dalam situs ketawa.com dapat diterima oleh masyarakat luas.

Kata kunciCampur Kode, cerita humor dalam situs ketawa.com

No comments:

Post a Comment