Labels

Friday, June 29, 2012

Hubungan antara Semantik,Etimologi,Morfologi,Leksikologi


Semantik  ialah Bidang ilmu bahasa yang secara khusus menganalisis arti atau makna kata
Etimologi ialah ilmu yang membicarakan tentang pembentukan atau terbentuknya kata atau asal-usul yang tidak berkaidah, misalnya, kata morfologi berasal dari kata Morf  yang berarti ‘bentuk’ dan kata logi berarti ‘ilmu’. Jadi secara harafiah kata morfologi berarti ilmu mengenai bentuk.
Morfologi ialah Bidang ilmu bahasa yang mempelajari proses pembentukan kata secara gramatikal  beserta unsur-unsur dan bentuk - bentuk kata.
Leksikologi adalah ilmu mengenai leksikon yang satuanya disebut leksem.

Jadi kesimpulannya
Karena sebagai ilmu yang mengambil salah satu bagian dari kebahasaan, tentu saja    morfologi mempunyai hubungan dengan ilmu kebahasan lainnya,seperti leksikologi dan etimologi.
Adapun berbedaannya yaitu : bahwa morfologi adalah ilmu tentang bentuk dan pembentukan kata, sedang leksikologi adalah ilmu mengenai leksikon yang satuanya disebut leksem. Morfologi lebih mengarah pada masalah proses pembentukan kata; sedang leksikologi lebih mengarah pada kata yang sudah jadi, baik yang terbentuk secara arbiter, maupun yang terbentuk sebagai hasil proses morfologi. Dan dalam hal semantik, kalau morfologi membicarakan makna gramatikal, maka leksikologi membicarakan makna leksikal dengan berbagai aspek dan masalahnya. Sedangankan etimologi membicarakan tentang pembentukan atau terbentuknya kata atau asal-usul yang tidak berkaidah, misalnya, kata morfologi berasal dari kata Morf  yang berarti ‘bentuk’ dan kata logi berarti ‘ilmu’. Jadi secara harafiah kata morfologi berarti ilmu mengenai bentuk.

No comments:

Post a Comment