Secara umum, penilaian adalah proses sistematis
pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, dan interpretasi
informasi untuk memberikan keputusan terhadap kadar hasil kerja. Penilaian yang
diterapkan dalam KTSP adalah Penilaian
Berbasis Kelas (PBK). PBK memiliki pengertian penilaian sebagai assessment, yaitu kegiatan yang
dilakukan untuk memperoleh dan mengefektifkan informasi tentang hasil belajar
siswa pada tingkat kelas selama dan setelah kegiatan belajar mengajar.
Data/informasi dari PBK merupakan salah satu bukti yang dapat digunakan untuk
mengukur keberhasilan suatu program pendidikan.
Ragam
Penilaian Kelas
1.
Tes Tertulis
Tes tertulis
merupakan tes dalam bentuk bahan tulisan (baik soal maupun jawabannya). Dalam
menjawab soal siswa tidak selalu harus merespon dalam bentuk menulis kalimat
jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk mewarnai, memberi tanda, menggambar
grafik, diagram dan sebagainya.
a.
Bentuk instrumen
tes dan penskorannya
Obyektif :
1)
Pilihan ganda
2)
Benar – Salah
3)
Menjodohkan
4)
Isian singkat
Non Obyektif (Subyektif):
5)
Jawaban singkat
atau isian singkat
6)
Uraian obyektif (Esai berstruktur)
7)
Uraian bebas (Esai bebas)
Bentuk instrumen
ini dapat dipakai untuk mengukur kompetensi siswa dalam semua tingkat ranah
kognitif.
Kaidah penulisan
instrumen bentuk uraian bebas adalah : (a) gunakan kata-kata seperti mengapa,
uraikan, jelaskan, bandingkan, tafsirkan, hitunglah dan buktikan; (b) hindari
penggunaan pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, dan lain-lain.
8)
Pertanyaan lisan
2.
Penilaian Kinerja (Performance
Asessment)
Performance Asessment merupakan penilaian dengan berbagai macam tugas dan
situasi dimana peserta tes diminta untuk mendemonstrasikan pemahaman dan
pengaplikasian pengetahuan yang mendalam, serta keterampilan di dalam berbagai
macam konteks.
Contoh-contoh alat penilaian kinerja : permainan, drama,
demonstrasi, olahraga, bermain musik, bernyanyi, pantomim, berdoa, membaca
puisi, berpidato, diskusi, wawancara, debat, bercerita, menari, kerajinan
tangan, pesawat sederhana, simpul tali-temali, dan sebagainya.
Contoh Tugas
Penilaian Kerja
Form
Penilaian Pembacaan Cerita
Nama Siswa :
Tema cerita :
Petunjuk :
Tuliskan centang di belakang huruf di mana
kemampuan siswa teramati pada waktu bercerita.
No
|
Ekspresi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Fisik (Physical Expression)
·
Berdiri tegak melihat pada penonton
·
Mengubah ekspresi wajah sesuai
dengan perubahan pernyataan yang disajikan
|
||||
2
|
Suara (vocal expression)
·
Berbicara dengan kata-kata yang
jelas
·
Nada suaranya berubah-ubah
sesuai dengan pernyataan yang disajikan
·
Berbicara cukup keras untuk
didengar oleh penonton
|
||||
3
|
Verbal (Vercal expression)
·
Memilih kata-kata yang tepat
untuk menegaskan arti
·
Tidak mengulang-ulang
pernyataan
·
Menggunakan kalimat yang
lengkap untuk mengutarakan suatu pikiran
·
Menyimpulkan pokok-pokok
pikiran yang penting
|
3.
Penilaian
Portofolio
Portofolio merupakan
kumpulan atas berkas pilihan yang dapat memberikan informasi bagi suatu
penilaian.
Tujuan portofolio :
a.
Menghargai
perkembangan yang dialami siswa
b.
Mendokumentasikan
proses pembelajaran yang berlangsung
c.
Memberi
perhatian pada prestasi kerja siswa yang terbaik.
Contoh alat penilaian portofolio : puisi, karangan, gambar/tulisan,
peta/denah, makalah, laporan observasi, sinopsis, naskah pidato, naskah drama,
kartu ucapan, surat, teks lagu, resep masakan, dan sebagainya.
Contoh Tugas Penilaian Portofolio (membuat makalah)
Nama siswa : ...............
Tanggal :
...............
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor (10 –
20)
|
1
|
Latar belakang
masalah/pendahuluan
|
|
2
|
Kajian pustaka
|
|
3
|
Ketajaman
pembahasan/analisis
|
|
4
|
Penyimpulan/penutup
|
|
5
|
Tata tulis dan
bahasa
|
|
Skor total
(maksimal 100)
|
4.
Penilaian Proyek
Yang dimaksud
proyek adalah tugas yang harus diselesaikan dalam periode / waktu tertentu. Tugas tersebut
berupa suatu investigasi sejak dari pengumpulan, pengorganisasian,
pengevaluasian, hingga penyajian data. Hasil belajar dapat dinilai ketika siswa
sedang melakukan proyek, misalnya pada saat :
a.
Merencanakan dan mengorganisasikan investigasi
b.
Bekerja dalam tim
c.
Arahan diri
Contoh Tugas Penilain Proyek
Materi : Koperasi Sekolah, cara
pengelolaan dan dampaknya bagi sekolah
Perancangan Kegiatan :
·
Observasi ke beberapa koperasi sekolah
·
Wawancara dengan beberapa ahli dari bidang perkoperasian,
pengelola koperasi, dan anggota koperasi.
·
Pembuatan laporan/makalah dari kegiatan observasi. Format
dibuat oleh guru dan dapat juga dikembangkan oleh siswa.
·
Mengadakan diskusi di dalam kelas yang dimoderatori oleh
guru tentang makalah yang telah disusun berdasarkan hasil observasi tersebut.
Penilaian dilakukan terhadap :
·
Keaktifan pada saat kegiatan wawancara
·
Makalah yang dibuat
·
Aktivitas dalam diskusi
5.
Penilaian Hasil
Kerja (Product Asessment)
Penilaian hasil
kerja siswa merupakan penilaian terhadap keterampilan siswa dalam membuat suatu
produk benda tertentu dan kualitas produk tersebut. Terdapat dua tahapan
penilaian yaitu : pertama, penilaian tentang pemilihan dan cara penggunaan alat
serta prosedur kerja siswa. Kedua, penilaian tentang kualitas teknik maupun
estetika hasil karya / kerja siswa.
Hasil kerja
dapat berupa produk kerja siswa yang bisa saja terbuat dari kain, kertas,
metal, kayu, plastik, keramik, dan hasil karya seni seperti lukisan, gambar,
dan patung. Hasil kerja yang berupa aransemen musik, koreografi, karya sastra
tidak termasuk hasil kerja yang dimaksud disini.
Contoh Tugas Penilaian Produk
Tugas : Buatlah rancangan model benda yang menggunakan
roda!
Ketentuan:
Ø Gambar rancangan
model!
Ø Bahan untuk model
tertulis dalam rancangan!
Ø Tentukan
spesifikasi bahan untuk model!
Contoh penskoran tugas
penilaian produk:
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Ada gambar
rancangan model
|
B C K
|
2
|
Bahan tertulis
dalam model
|
B C K
|
3
|
Spesifikasi bahan
tertulis
|
B C K
|
4
|
Unsur estetika
|
B C K
|
Kriteria penskoran
B = gambar proporsional, bahan tertulis lengkap, spesifikasi bahan jelas
C = gambar kurang proporsinal, bahan tertulis kurang
lengkap, spesifikasi bahan kurang jelas.
K = gambar tidak proporsional, bahan tertulis tidak
lengkap, spesifikasi bahan tidak jelas.
6.
Penilaian sikap
Penilaian sikap merupakan penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa
terhadap suatu obyek, fenomena/masalah.
Secara umum, penilaian
sikap dalam berbagai mata pelajaran dapat dilakukan berkaitan dengan berbagai
obyek sikap sebagai berikut :
a.
Sikap terhadap
mata pelajaran
b.
Sikap guru
terhadap mata pelajaran
c.
Sikap terhadap
proses pembelajaran, dan lain-lain.
Penilaian ini dapat dilakukan dengan beberapa cara,
antara lain:
ü Observasi perilaku,
misalnya tentang kerja sama, inisiatif, perhatian.
ü Pertanyaan
langsung, misalnya tanggapan terhadap tata tertib sekolah yang baru
ü Laporan pribadi,
misalnya menulis tentang “tawuran antar pelajar”
Contoh Penilaian Sikap
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
Sikap
|
||||
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
||
1
|
Kegiatan
pentas seni drama perlu diadakan di sekolah
|
|||||
2
|
Kepala
sekolah dan guru hendaknya ikut aktif dalam apresiasi terhadap sastra
khusunya drama
|
|||||
3
|
Pementasan
drama tidak mendukung untuk menumbuhkan kreativitas siswa.
|
7.
Penilaian Diri (Self Assessment)
Penilaian diri
di tingkat kelas (PDK) atau Classroom
Self Assessment (CSA) adalah penilaian yang dilakukan sendiri oleh guru
atau siswa yang bersangkutan untuk kepentingan pengelolaan kegiatan belajar
mengajar (KBM) di tingkat kelas. Penerapan konsep PDK adalah sejalan dengan
penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang menerapkan penilaian
berbasis kelas atau Classroom Based
Assessment. Hasil PDK merupakan masukan bagi guru di kelas dan bagi
pimpinan sekolah untuk meningkatkan kinerja semua staf dan guru-guru di sekolah
di masa datang.
Contoh Penilaian Diri
Format
Penilaian Diri Siswa
dalam
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Nama Siswa :
……………
Hari : …………………….
1.
Terhadap
pelajaran Bahasa Indonesia, saya ……………….
2.
Tujuan
mempelajari atau memahami Bahasa Indonesia adalah ………….
3.
Menurut saya,
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang ……….
4.
Semester ini,
pokok bahasan yang paling saya sukai dari Bahasa Indonesia adalah ……………..
By. Dian
aspek penilaian ktsp itu bagaimana ya ?
ReplyDelete